Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Membuat Mainan Edukatif Sendiri

E-mail Print PDF

Banyak memang sekarang yang sudah menjual  mainan murah dan menarik. Namun apakah itu aman bagi anak. Kita belum tahu dan tidak ada jaminan.

Beberapa waktu lalu ERLASS bersama para guru telah membuat plastisin. Sebagaimana terlampir foto - foto, itulah hasil kreasi para guru TK kita membuat plastisin dalam Training “Kreasi Plastisin” yang diadakan pada 11 Oktober 2014 bertempat di Pejaten Office Park Gd.Erlass Institute Jl Warung Buncit no 79D Pejaten barat  Jakarta Selatan.

Meskipun hal ini pertama kali untuk mereka namun mereka telah berani menguleni dan membentuk berbagai kreasi.  Menghasilkan suatu kreasi yang bagus diperlukan suatu keberanian termasuk berani dalam menguleni , memberi warna dan berkreasi membentuk.

Kali ini ERLASS mau berbagi resep bagaimana cara membuat plastisin sendiri. Bahan yang telah disiapkan oleh pihak ERLASS bisa digunakan oleh para guru dengan mudah. Cukup membayar Rp 65.000 mereka sudah mendapat material plastisinnya, buku plastisin, sertifikat dan snack. Satu lagi teman baru, bila berkenalan.

Anda cukup siapkan :

Tepung terigu                    70 gr

Tepung beras                    70gr

Tepung tapioka                 70 gr

Minyak goreng                  ½ sendok the ( agar tekstur plastisin tidak mudah retak dan halus)

Pewarna makanan          beberapa tetes sesuai warna yang ingin dihasilkan

Lem kayu / lem fox         300 gr ( bisa dibeli di material / toko grosir)

 

Cara membuat :

  1. Aduk semua bahan tepung menjadi satu, lem fox dan minyak sampai kalis / tidak lengket ditangan. Jika masih lengket anda bisa tambahakan sedikit demi sedikit lem fox.
  2. Setelah kalis , bagi adonan ke dalam beberapa bagian.Tambahkan pewarna makanan pada bagian tersebut. Beri satu warna, satu bagian.  Berapa warna yang anda butuhkan?
  3. Setelah itu uleni lagi secara merata hingga halus.
  4. Bentuk sesuai keinginan anda. Bila ingin menyambung satu bagian dg bagian lain bisa gunakan lem fox.
  5. Oke.selamat berkreasi dengan putera – puteri.