Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Menggali Semangat Pembelajaran Dengan PTK di KKMI Pasar MInggu

E-mail Print PDF

Erlass telah mengadakan  pelatihan PTK pertengahan  bagi para guru SD dari KKMI (Kelompok Kerja Madrasah Ibtitaiyah) kecamatan Pasar Minggu.  Pelatihan yang disambut antusias oleh 21 guru dibawakan Dr. Darwis, M.Pd yang menuangkan pengalamannya bersama peserta untuk menulis PTK yang efektif dan tepat.

Meningkatkan mutu pembelajaran murid adalah keinginan setiap guru dalam upaya menghasilkan murid yang cerdas, kreatif dan mampu.  Untuk meningkatkan mutu pelajaran ini, diperlukan metode yang jitu seperti PTK (Penelitian Tindakan Kelas).   PTK tidak hanya untuk kenaikan jabatan tetapi penting untuk mengatasi masalah dalam ruang kelas.  Meskipun hasil penulisan PTK kadang kurang optimal karena karya tulis ilmiah yang ditulis tidak jelas dan tidak memenuhi syarat.

Selama 4 jam pelatihan intensif ini, peserta mengenal berbagai aspek dari penulisan PTK yang bermoto masalah kecil dengan penyelesaian kecil (small problems with small solutions).   Adapun PTK mengandalkan dua hal yang paling mendasar yakni fakta dan data.  Dengan mengisi form PTK yang disediakan, salah satu peserta bernama Ibu Sri mengemukakan dua hal yakni penelitian yang berkenaan dengan pembelajaran di kelas. Dan hasil data yang ditindaklanjuti.

Guru juga ikut membahas masalah yang dihadapi seperti murid lambat, murid tidak membuat PR, kurang motivasi dalam mata pelajaran.  Sementara untuk menulis PTK, guru menetapkan jangka waktu yang ingin dicapai selama periode mengajar murId, misalnya dari bulan Juli hingga bulan Nopember. Berbagai pihak juga ikut terlibat dalam penulisan PTK termasuk guru, murid, kepala sekolah (yang memberi surat keterangan untuk keperluan PTK ini), orangtua, pengawas dan unsur dinas.  Dalam rancangan PTK yang bersifat ilmiah ini, guru perlu memperhatikan orientasi APIK yakni Asli, Perlu, Ilmiah dan Konsisten.

Peserta dibagi dalam 5 kelompok dan mempelajari tahap-tahap menulis PTK mulai dengan perencanaan, kemudian disusuli pelaksanaan, perilaku, perbaikan dan penyelesaian tugas dengan baik.  Mereka diminta mengisi form PTK untuk analisis masalah seperti masalah sebenarnya dalam ruangan kelas, pemecahan masalah harus penting dan bermanfaat dan secara menyeluruh harus berada dalam jangkauan guru.   Salah satu masalah yang dibahas bersama peserta adalah masalah pembelajaran bahasa Indonesia.  Masalah ini meliputi hasil belajar, motivasi dan sikap yang rendah. Kemudian dibahas pendekatan yang akan diambil sebagai tindakan untuk lebih menggalakkan mata pelajaran ini.

Sebagai langkah pertama, persiapan judul dibahas dengan menggunakan variabel X sebagai masalah dan variabel Y sebagai tindakan yang akan diambil oleh guru.  Adapun contoh judul sebagai berikut Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran.  Metode pembelajaran pun beragam, dapat berupa pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), pembelajaran berbasis penemuan (discovery-based learning).  Dengan giat peserta menggarap judul dalam form PTK dengan menulis masalah yang akan diteliti yang menggunakan Variabel Y; menulis tindakan yang akan digunakan dalam penyelesaian masalah dengan variabel X untuk menulis judul PTK.   Berbagai judul dihasilkan peserta termasuk diantaranya Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) Kelas V MI Al Barokah 4 Jakarta Selatan.

Pelatihan berlanjut dengan topik pembahasan untuk PTK yang disertai Surat Keputusan dari kepala sekolah dan pendahuluan yang berlandaskan ATM (Amati Tandai Modifikasi).  Mengingat waktu berlalu cepat, pelatihan melompat ke tahapan terakhir yakni rencana kerja dari PTK.   Tetapi semangat peserta tetap tinggi setelah pelatihan ini yang berjalan produktif dan memuaskan.  Mereka ingin membahas hasil penulis PTK dalam pelatihan berikutnya dengan waktu pertemuan yang lebih panjang dari 4 jam.  Tak ubahnya pohon harapan yang disiapkan dalam awal pelatihan untuk para peserta yang ingin memetik hasil yang baik.

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi:

Erlass Institute

Pejaten Office Park Blok D

Jl. Warung Buncit Raya no. 79

Jakarta 12510

Ph: (021) 7918 0467

Fax: (021) 7919 5157

www.erlass.co.id

www.erlassku.com