Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Program Erlass

E-mail Print PDF

1. Blogging untuk Pendidik (Edublog 301)
Blog sebagai salah satu fasilitas gratis di internet menjadi ajang berbagai gagasan / tulisan dengan para guru lain. Jangkauan blog yang luas dan kemudahannya membuat media ini menjadi sarana yang tepat bagi guru untuk meningkatkan diri menjadi guru profesional yang siap menghadapi tantangan abad 21.

Tujuan Pelatihan
- Peserta memahami perubahan paradigma pembelajaran dengan menggunakan teknologi internet.
- Peserta mampu menciptakan blog pendidikan yang interaktif, informatif dan inspiratif.

Materi Pelatihan

- Karakteristik Pembelajar dan Pendidikan Abad 21
- Langkah - langkah Membuat Blog Pendidikan
- Strategi Meningkatkan Kunjungan ke Blog

Durasi Pelatihan
Pelatihan berlangsung selama sehari.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Psikologi: Kenali Murid Anda!
Pernahkah Anda mengalami kesulitan untuk menghadapi anak?
Pernahkah Anda mencoba mengetahui mengapa anak menunjukkan perilaku tertentu? Pemahaman mengenai dasar - dasar psikologi seperti konsep diri dan pengelolaan stress akan sangat membantu guru mengatasi hal ini.

Tujuan Lokakarya
Selesai mengikuti lokakarya, peserta mampu menerapkan kemampuan interaksi dan komunikasi positif berdasarkan pemahaman konsep diri positif dan pengelolaan stress yang baik di sekolah.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

3. Menulis PTK Sampai Bisa!
Penulisan karya tulis ilmiah kini menjadi persyaratan penting untuk pengembangan profesi guru. Ada beberapa macam karya tulis ilmiah, salah satunya yang cukup penting adalah karya tulis ilmiah hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Manfaat PTK
ANAK
• Anak makin aktif dan kreatif
• Potensi anak makin berkembang
GURU
• Meningkatkan kualitas pembelajaran
• Mengembangkan pengetahuan keterampilan
• Menumbuhkan kebiasaan menulis dan budaya meneliti
SEKOLAH
• Menumbuhkan diskusi ilmiah
• Guru berbagi pengalaman dan solusi

Tujuan Pelatihan PTK
• Peserta termotivasi melakukan PTK.
• Peserta mampu mengembangkan desain dan
instrumen penelitian.
• Peserta mampu menganalisis data PTK.
• Peserta mampu menulis karya tulis ilmiah berdasarkan PTK.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

4. 101 Kiat Praktis Guru Kreatif
Kelas yang baik dan kondusif adalah tempat di mana siswa bisa belajar dan guru bisa mengajar dengan maksimal. Dalam praktiknya hal tersebut membutuhkan interaksi aktif, positif dan menyenangkan, namun tetap terkendali di antara individu yang ada di kelas. Semuanya bergantung pada kreativitas guru mengelola kelas. Apapun bidang studi dan tingkatan kelas yang Anda ajarkan, jika Anda ingin sukses mengajar di kelas, Anda perlu mengetahui kiat praktis yang bisa Anda lakukan sebagai guru kreatif.

Tujuan Pelatihan

Peserta mempelajari kiat praktis mengelola interaksi di kelas baik dari apa yang peserta sudah jalankan maupun dari pengalaman fasilitator.

Materi Pelatihan
- Guru Kreatif Menciptakan Kelas Kreatif, Aktif dan Menarik
- Kiat Kreatif Mengelola Kelas Melalui Disiplin Positif

Durasi Pelatihan
Pelatihan berlangsung selama sehari.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

5. Guru Sebagai Fasilitator dalam Model Pembelajaran Aktif
Dalam metode belajar aktif, guru sebagai fasilitator adalah kalimat yang sering diucapkan namun tidak mudah untuk diterapkan. Pertanyaan - pertanyaan yang sering muncul: Apa saja yang harus dilakukan guru sebagai seorang fasilitator? Bagaimana guru melibatkan murid secara aktif? Bagaimana suasana kelas harus dibangun?

Tujuan Pelatihan
Guru mampu berperan sebagai fasilitator dengan melibatkan murid secara aktif dan memfasilitasi pembangunan pengetahuan murid melalui kegiatan eksplorasi, pertanyaan, presentasi, aplikasi, dan refleksi.

Materi Pelatihan
- Pengertian fasilitator dalam metode pembelajaran siswa aktif.
- Perbedaan peran guru sebagai pengajar dan fasilitator.
- Prinsip - prinsip keterampilan fasilitator.
- Penerapan keterampilan fasilitator pada pembelajaran.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------