Erlass Prokreatif Indonesia

A+ R A-

Managemen Media Sosial

E-mail Print PDF

Komunitas Erlass, pasti tidak asing lagi dengan istilah Social Media atau Media Sosial yang bahkan saat ini sudah di konsumsi oleh masyarakat luas. Tua dan muda serta berbagai kalangan sudah mulai mencoba bebagai aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi tersebut. Social Media yang sangat familiar dalam keseharian kita tidaklah asing adalah Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain. Semua pengguna berlomba-lomba menggunakan aplikasi tersebut untuk keperluan masing-masing kebutuhan dan tujuannya. Tidak hanya untuk eksistensi diri di jagat maya, Social Media juga kerap digunakan untuk berjualan online atau endorse. Tentunya, dua hal terakhir bisa dilakukan kalau kamu memiliki follower atau pengikut yang banyak di akun social media yang kamu miliki. Mendapatkan banyak follower adalah bukan perkara hal yang mudah untuk setiap pemilik akun. Karena, untuk mendapatkan follower juga dibutuhkan komitmen kuat untuk membangun sebuah kepercayaan dalam sabuah akun social media. Komunitas Erlass pasti bertanya-tanya kenapa follower sangat menentukan kualitas terutama kepercayaan  dalam sebuah dunia maya.

Follower sendiri adalah jumlah pengikut yang ada pada sebuah akun social media. Ada rasa bahagia tersendiri ketika sebuah akun social media yang dimiliki memiliki jumlah follower yang banyak. Terutama bagi mereka yang sedang menjalankan usaha. Namun mendapatkan sejumlah follower tidak lah mudah. Nah, disini mari berbagi tips untuk mendapatkan sejumlah follower dalam sebuah akun. Ini lah tips untuk mendapatkan follower pada sebuah akun social media :

  1. Sebelum memuat konten dalam sebuah akun social media, cobalah memikirkan dahulu apa yang menjadi latar belakang membuat akun social media. Misalnya, membuat akun social media Instagram untuk berjualan atau untuk menampilkan sisi diri sendiri. Lengkapi profil kalian dan buat semenarik mungkin. Ketika sudah menentukan tujuan pembuatan akun social media. Tuangkan isi konten dalam bentuk Foto yang menarik dan jangan lupakan caption yang menarik juga serta hastag untuk memudahkan pencarian ketika pengguna social media lainnya sedang menggunakan akun pribadinya.
  2. Komitmen, apa yang dimaksud komitmen disini. Jangan lupakan komitmen saat membuat konten. Jangan biarkan akun social mediamu tidak memiliki konten dalam waktu yang lama. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Later.com, jam-jam terbaik itu berbeda setiap harinya.Namun kebanyakan orang beranggapan bahwa jam 17.00 sore merupakan waktu yang terbaik untuk mendapat perhatian lebih dari banyak orang. Mengapa?? Karena, kegiatan harian mereka sudah selesai dan sudah waktunya untuk beristirahat dalam dunia nyata.
  3. Follow akun social media selebriti atau akun social media yang sudah verifikasi dan memiliki jumlah follower yang dengan jumlah pengikutnya mencapai ribuan. Untuk apa? Sedangkan kita sendiri membutuhkan follower? Dalam sebuah akun, ketika kita memulai mencoba follow akun lain, akan telihat oleh beberapa yang mengikuti akun tersebut. Disinilah nantinya akun yang telah mem-follow akun social media yang memiliki jumlah follower yang besar akan mem-follow kalian. Setelah sudah memfollow akun-akun yang followersnya banyak, langkah selanjutnya kamu bisa melakukan unfollow kemudia follow kembali hingga beberapa kali.Namun kamu perlu mengetahui bahwa melakukan trik ini harus memberikan jeda satu hingga dua menit. Jika kamu melakukannya dengan jeda terlalu singkat, akunmu akan berisiko disuspend. Efeknya tentu saja tidak perlu dipertanyakan lagi, followersmu akan meningkat tajam tanpa menambah following. Metode ini dikatakan sebagai taktik yang paling jitu buat yang ingin menambah followers tanpa merubah jumlah following.
  4. Nah, selain mengisi konten dalam akun social mediamu. Hal ini juga jangan sampai terlupakan, yakni aktif dalam akun social media kamu dengan like dan comment feed yang muncul di dinding atau beranda social media kamu. Mengapa? Karena sama saja menunjukkan ketertarikan terhadap akun dan unggahan tersebut. Jika kamu melakukan trik ini pada lebih dari satu akun, maka bisa menjadi peluang besar untuk menambah follower akun kamu.
  5. Tips terakhir adalah Berbagi. Maksud dari berbagi di sini adalah membuat Kontes Berhadiah. Siapa sih yang tidak suka gratisan? Kalau kamu punya sesuatu yang menarik untuk diberikan secara gratis kepada orang lain, inilah cara tercepat untuk mendapatkan banyak follower sekaligus.Buatlah peraturan sederhana untuk mendapatkan hadiah yang akan kamu berikan sebagai contoh :
  • Tentukan hadiah untuk diumumkan
  • Tentukan apa yang harus mereka lakukan. Misalnya: mengirim foto dalam tema tertentu, menulis komentar dan lain – lain.
  • Minta mereka untuk memfollow kamu dan share atau retweet,repost salah satu post. Buat gambar desain untuk hasil yang lebih bagus.
  • Pilih pemenangnya
  • Berikan hadiahnya
  • Hati-hati, jangan melakukan penipuan

Nah, semoga artikel kali ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan follower yah. Jangan lupa tujuan dan komitmen dalam memposting suatu konten. Dan Setiap kali ada yang menerbitkan post berisi foto tentang kamu atau bisnis kamu, post ulang di akun kamu sendiri dan sertakan tag/mention ke akun mereka.

Dengan demikian, akan muncul orang-orang lain yang juga akan ikut mengupload foto-foto yang berisi produk kamu. Semoga bermanfaat.